Kamis, 17 November 2011

First Trip to Jogjakarta - Part 2

Hari Ke2
Pagi sekitar jam 8 kami ke SunMor ( Sunday Morning ) di UGM, disana ada semacam pasar pagi yang banyak jualan cemilan ( tempura, batagor, es goreng, gorengan, cimol, cireng, dll ), makanan ( soto, nasi kuning, bubur, dll ) tas, pakaian, mainan anak, dan lain - lainnya, rame banget de.
Aku nyobain yang namanya tahu kentucky, 1 nya cuma Rp.500,-. itu cuma tahu biasa tapi yang bikin menarik adalah digoreng krispi seperti ayam goreng kentucky. Jadi kulit tahu itu tebal dan renyah, enak de

Lalu disana ada juga jualan jamu, tapi uniq ( kalo menurut ku ) karena biasanya kan jamu itu digendong atau model sekarang pake sepeda, nah.. ini pake gerobak dan botolnya berjejer kaya jualan minuman biasa gitu de, tersedia jamu beras kencur, kunyit asam dan jahe aja. Uniq nya lagi bisa diminum pake es, jadi kesannya kaya es teh gitu de

menjelang jam 10 kami keluar dari SunMor menuju ke Kindai untuk makan nasi kuning. Hmm... rame banget loh disana, nungguin sekitar setengah jam de baru pesanan kami datang.
nasi kuning ayam + hati di Kindai
Menu disana ada nasi kuning, dan soto Banjar. Nasi kuningnya ada beberapa pilihan, pake ayam, telor, hati, atau sapi. Soto banjarnya juga enak, ( walau cuma nyicip sesendok hihihi ) soto nya uda dicampur bareng nasi, ga kayak soto - soto yang laen kalo pake nasi, nasi nya ditaruh dipiring terpisah. Nah, kalo ini uda dicampur, sotonya pake piring ,bukan mangkok.

kembaran batiknya ^_^
Jam 11 an kami pulang lalu istirahat bentar baru de lanjut ke Borobudur sekitar jam 12an

Perjalanan ke Borobudur sekitar 1,5 jam dengan menggunakan motor. Pegel - pegel deh

Tiket masuk saat weekend per orang adalah Rp. 30.000,-

Setelah masuk, ga jauh dari pintu masuk, kami melihat sebuah stand, disana ada tulisan bahwa kami harus mengenakan kain batik yang disediakan disana sebelum naik ke Candi. dan kain tersebut adalah dipinjamkan secara Free dan harus dibalikkan dipintu keluar.

Untuk cowo, diikat disebelah kanan , sedangkan untuk cewe disebelah kiri. kebetulan kami ber4 pake kain yang motifnya sama.

Mulai de kami naik ke Borobudur. Kata Koko nya Ur, tradisinya kami mesti jalan memutari tingkat demi tingkat dari sebelah kiri sampai ke atas. Tapi.... sayang banget dibeberapa tingkat Candi sedang direnov jadi ditutup jalannya , akhirnya kami langsung aja de naik ke atas. Sambil ngintipin beberapa stupa pengen nemuin yang Rupang Buddha yang masih utuh didalam Stupa, tapi gak ada yang sempurna... ada yang ngga ada kepalanya ( kebanyakan ga ada kepalanya, aneh yak? ), ada yang ngga ada tangannya,atau cuma ga ada telapak tangannya. Dan setelah berputar putar sambil poto2 , kami ketemu 1 buah stupa yang terbuka dan nampak didalamnya ada Rupang Buddha.
perjalanan mendaki Borobudur ^_^
Cuaca agak mendung, tapi udara tetep panas, tapi menjelang sore, angin mulai bertiup lebih kencang dan banyak awan gelap diatas. Untungnya sih ga ujan selama kami disana. Skitar jam 3 kami keluar dari Kompleks Borobudur dan perjalanan balik lagi dengan motor, tiba dirumah Ur sekitar jam 4.30
kami istirahat dan merencakan akan makan malam dengan nasi gudeg , ehh.. malah ujan .. gak gitu gede sih, kami nungguin ampe jam 9 baru reda, ( masih rintik2 juga sih ) lalu kami buru2 de keluar , baru beberapa meter kami dijalan, rintik - rintik hujan mulai rame lagi... kami tetap tancap untuk makan nasi gudeg Ceker Seturan. hmm...enak de nasi gudegnya, cuma sedikit beda dengan yang ada di kampung aku, kalo dikampung aku gudengnya itu banyak kuahnya, klo ini kering. Terus ini ada krecek nya, terbuat dari Kulit sapi katanya, karena aku ga makan sapi, jadi aku kasi ke Ur dan Yuli.

Habis makan, kami ngobrol bentar sambil nunggu hujan reda, baru de setelah agak reda kami pulang.

Hari Ke 3

Rencana hari ke 3 adalah ke Candi Prambanan !
Planningnya pergi jam 9 tapi molor deh ampe jam 10an, Ur nganterin kami ke Shelter JEC untuk naik TransJogja ke Candi Prambanan. Kali ini kami jalan berdua aja. Cuacanya  cukup panas, Tiket masuk ke Candi Prambanan Rp. 20.000,- per orang dihari biasa. (kebetulan kami kesana pas hari senin )
Karena bukan weekend, jadi ngga terlalu rame de disana.
Halaman Candi bener - bener luas skali dan hijau, tapi disekitar candi Roro Jonggrang sendiri dasarannya berpasir gitu, sayang banget Candi utamanya dipagar, mungkin sedang direnov akibat dari gempa ?
karena beberapa anak candi lainnya juga dipintu -in.

aku cuma naik ke Candi Brahma dimana Candi itu adalah satu2 nya candi yang masih ada Arca didalamnya. Aku ga berani masuk dan cuma liad dari depan aja, karena didalam ruangan Arca itu gelap!

Selesai muterin area Candi Roro Jonggrang, kami berniat menuju ke Candi Sewu, kayaknya jauh tuh, kami melewati Candi Lumbuh ( kalo ga salah inget namanya itu ) Candi nya seperti sudah pada ambruk gitu de dan masi dalam tahap renov juga, akhirnya kami memutuskan mengakhiri perjalan ke Candi Prambanan sampe situ aja dan ga terusin ke Candi Sewu.
Sambil nunggu di jemput Ur, kami duduk dibawah pohon , ngadem sambil ngobrol dan perhatiin beberapa pasang Touris luar alias bule yang baru datang.
Jam 2 kami dijemput, dan Langsung Otw ke Pantai Parangtritis alias Paris.
Perjalanan lumayan jauh karena rute nya langsung dari Prambanan, sehingga untuk mencapai pantai tersebut kami butuh waktu sekitar 1,5 jam an de. pegel banget de duduk nya...
kami ke Depok ParangTritis, jadi bukan di Parangtritis pusatnya ( maksudnya bukan Pa-ris yang biasa di sebut2 ), karena diPantai Depok sini lah ada tempat mam Seafood
Kami belanja dulu ikan , cumi dan udang disana, lalu ada beberapa "mbak2" yang datang nawarin untuk masakin. Uniq juga sistem makan seafood disini. Akhirnya kami pilih tempat yang ada lantai 2 nya biar bisa sambil menatap pemandangan pantai.
langit sore menjelang malam dengan
awan2 juga angin bertiup kencang
Sambil nungguin makanan siap, kami minum Kelapa... gede banget kelapanya ampe kembung dan ga sanggup de habisinnya !
Jam Setengah 6 kami baru turun ke pantai , baru beberapa menit turun, cepet banget langitnya uda mulai gelap. kami ga maen air, cuma berdiri tepi pantai sambil mandangin laut. Angin mulai kencang dan makin gelap juga jadi kami bergegas pulang.
Perjalanan pulang ga selama dan sejauh saat kami datang dari Prambanan tadi. Jam 8 kami uda dirumah, cape banget... habis mandi, makan lagi, lalu istirahat de...